Kamis, 18 Juni 2015

PENDIDIKAN HAM DI PT - ISU/KONSEP/NILAI INTI HAM


Kelas 1, kerangka kerja kurikuler HAM dalam lingkup diri sendiri.
Isu atau permasalahan HAM yang biasa Nampak  adalah
1.      Dijauhi teman
2.      Sakit
Konsep HAM yang muncul dari kedua permasalahan diatas adalah :
1.      Hak untuk berkumpul dan berkomunikasi
2.      Hak untuk tidak didiskriminasi
3.      Hak atas kesehatan dan pengobatan
Nilai intinya adalah : kasih sayang, perhatian,persahabatan dan perlindungan dari orang tua
Kelas 2, kerangka kerja kurikuler HAM dalam lingkup keluarga.
Isu atau permasalahan HAM yang biasa Nampak  adalah
1.      Dimarahi orang tua dengan kata-kata kasar
2.      Anak tidak ilibatkan dalam diskusi keluarga
Konsep HAM yang muncul dari kedua permasalahan diatas adalah :
1.      Hak untuk mendapat perlindungan
2.      Hak untuk tidak didiskriminasi
3.      Hak untuk menyatakan pendapat
Nilai intinya adalah : kasih sayang, perhatian dan kesetaraan
Kelas 3, kerangka kerja kurikuler HAM dalam lingkup  masyarakat.
Isu atau permasalahan HAM yang biasa Nampak  adalah
1.      Pencurian
2.      Pengangguran
3.      Penyakit menular
Konsep HAM yang muncul dari kedua permasalahan diatas adalah :
1.      Hak atas perlindungan terhadap hak milik
2.      Hak atas pekerjaan
3.      Hak atas kesehatan dan pengobatan
Nilai intinya adalah : harkat dan martabat manusia, perhatian, perlindungan keluarga dan sosial


  PERANAN GURU BIDANG STUDI PKn DALAM UPAYA PEMAJUAN HAM DI SEKOLAH

Di Indonesia konsep HAM diarahkan pada pembahasan menyangkut diri sendiri, keluarga, masyarakat, Negara, Regional dan dunia. Selanjutnya konsep-konsep HAM tersebut dioperasionalkan dalam bentuk matriks sebagai berikut10:

Kelas
Kerangka Kerja Kurikuler HAM
Permasalahan/issu
Konsep HAM
Nilai Inti
I
Diri sendiri
- Kekurangan gizi
- Pengabaian orang tua
- Hak atas kehidupan
- Hak atas kesehatan
- Hak untuk mem-peroleh perlindung-an
- Kasih sayang dan perhatian
- Perlindungan keluarga & social
II
Keluarga
- KDRT terhdap wanita dan anak-anak
- Hukuman fisik di rumah
- Anak kematian anak yang tinggi
- Hak memperoleh perlindungan
- Hak memperoleh pengobatan
- Perhatian & perlakuan
- Harkat dan martabat manusia
III
Masyarakat
Situasi konflik-konflik antar suku
- Hak penduduk asli
- Hak berpartisipasi dalam pembangun-an berkelanjutan
- Kesetaraan & keadilan
- Harkat dan martabat manusia
- keragaman
IV
Negara
- Bencana alam tahunan
- Kurangnya pendidikan bagi masyarakat asli
- Hak atas kehidupan
- Hak atas jaminan sosial
- Hak memperoleh pendidikan
- Hak penduduk asli
- Lingkungan alam yang baik
- Harkat dan martabat manusia
- Kesetaraan dan Keadil-an
V
Ragional
- Polusi lingkungan akibat insektisida buatan
- Kemiskinan yang merata di daerah urban dan daerah terpencil
- Hak akan lingkung-an yang baik
- Hak atas kesehatan
- Hak pemenuhan ke-butuhan dasar
- Hak atas pekerjaan
- Lingkungan alam yang baik
- Kasih saying
- Perhatian
- Harkat dan martabat manusia
VI
Dunia
- Diskriminasi etnis
- Diskriminasi jender
- Hak untuk memper-oleh perlakuan yang sama
- Hak kesetaraan an-tara pria dan wanita
- Hak-hak perempuan

Tidak ada komentar: