RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
(
RPP 02)
Nama Sekolah : SMP SAN KARLOS HABI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 1. Menunjukkan
sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
Kompetensi
Dasar : 1.3. Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat
istiadat,
dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Alokasi
waktu : 6x 40
menit (3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
memberikan
contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan
personel sekolah, antarsesama siswa;
2.
memberikan
contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga;
3.
mendeskripsikan penerapan norma di lingkungan sekolah;
4.
memberikan
contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat;
5.
melaksanakan
norma di sekolah.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
B. Materi Pembelajaran
1.
Contoh
penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan
personel sekolah, antarsesama siswa.
2.
Contoh
penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga.
3.
Contoh
penerapan norma hukum di lingkungan sekolah.
4.
Contoh
akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat.
C. Metode
Ceramah
bervariasi, bermain peran, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi
Pembelajaran/Kegiatan belajar)
1. Pertemuan I dan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan
pentingnya penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara
siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa
- Membagi siswa dalam 8 kelompok.
2).
Elaborasi
- Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk memerankan penerapan norma kesopanan, norma agama,
dan norma hukum dalam kehidupan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
Sebagai contoh, dalam norma kesopanan, misalnya saat berbicara,
menghormati orang yang lebih tua, atau contoh kesopanan lainnya. Dalam norma hukum, misalnya memerankan
orang yang melanggar hukum dan akibatnya (merokok, terlibat narkoba, dan
lain-lain). Kemudian, memberikan
solusi yang tepat menurut norma hukum. Upayakan peristiwa yang
diangkat aktual agar menarik minat dalam KBM.
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk memerankan adegan
penerapan norma tersebut selama 7
menit.
- Kelompok lain menanggapi pemeranan tersebut.
3)
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup
a.
Dengan
bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan refleksi terhadap peran
yang telah ditampilkan.
b.
Mengadakan
post test.
c. Memberi tugas untuk mengamati pelaksanaan
norma di lingkungan sekolah, membuat hasil pengamatan, dan mempresentasikan di
depan kelas.
2. Pertemuan III
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi
yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan
pentingnya akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat
2).
Elaborasi
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan
hasil diskusinya.
- Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
- Guru mengklarifikasi guru materi yang telah dipresentasikan oleh
masing-masing kelompok.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil
kelompokmemberikan refleksi terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing
masing kelompok.
b. Mengadakan post
test.
c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang
akan dipelajari pada minggu berikutnya.
E. Sumber Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
- Perilaku siswa dan
guru
- Artikel/berita di
media massa
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Memberikan
contoh perilaku yang sesuai dengan
norma dalam hidup berbangsa dan
bernegara
.
·
Memberikan
contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat.
·
Menghormati
dan menjunjung tinggi norma,
kebiasaan, adat, dalam kehidupan masyarakat.
·
Mematuhi
peraturan yang berlaku dalam hidup bermasyarakat
·
Penerapan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang
berlaku dalam masyarakat
|
observasi
Penilaian diri
Penilaian antar
teman
Penilaian antar
teman
Tes Tertulis
|
Lembar
observasi
Lembar
penilaian diri
Lembar
penilaian antar teman
Lembar
penilaian antar teman
Pilihan Ganda
|
Observasi dan
buatkan laporan tentang
Contoh-contoh
, jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat
yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalmu, dan berikan komentar..
Aspek-aspek yang dinilai :
1. Ketepatan mengumpulkan tugas
2. Kerapihan
3. Isi atau materi yang dilaporkan
4. Sumber data jelas
Penilaian sikap
(instrumen-terlampir).
Intrumen pengamatan perilaku
Intrumen pengamatan perilaku
Ralat soal: tambahkan kata kecuali.
Jawaban
a. norma hukum memiliki sanksi yang tegas
b. norma
kesusilaan
c. norma hukum
d. norma hukum, norma kebiasaan,
norma tingkah laku
Ralat soal: tambahkan kata kecuali.
Jawaban
a. menjamin
berlangsung kekuasaan
b. seseorang menyabet pisau kepada orang lain sehingga orang tersebut
meninggal
c. norma kesopanan
d. norma kesusilaan
e. negara hukum
f. hukum pidana
Perbedaan norma
hukum dan norma kesusilaan:
·
Norma hukum bertujuan menertibkan masyarakat sehingga
tidak ada korban kejahatan. Norma hukum ditujukan kepada sikap lahir. Norma
hukum mempunyai sanksi resmi yang menindak tegas. Norma hukum membebani kewajiban dan memberi hak.
· Norma kesusilaan bertujuan untuk menjaga
agar manusia tidak menjadi jahat. Norma kesusilaan ditujukan kepada sikap
batin. Norma
kesusilaan berasal dari diri sendiri. Sanksi berasal dari diri sendiri dan
tidak resmi. Norma kesusilaan hanya membebani kewajiban.
Untuk menjamin
kepentingan-kepentingan setiap masyarakat. Hukum juga penting untuk mencapai
keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan dalam bermasyarakat.
Supremasi hukum artinya
hukum memegang kekuasaan tertinggi.
Hukumlah yang mengatur dan hukumlah yang berkuasa, termasuk kepada penguasa.
2. hukum privat (sipil)
3. hukum material
4. hukum formal
5. hukum traktat
|
1. Penilaian
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Partisipasi
dalam Berpendapat
|
Pemahaman/ Materi
|
Kerja Sama
|
Jumlah
|
1
|
Maria Dahami
|
|
|
|
|
2
|
Kristina Aminah
|
|
|
|
|
3
|
Maria Sekar
|
|
|
|
|
4
|
Maria Nona
|
|
|
|
|
5
|
Elisabet Plewan
|
|
|
|
|
6.
|
Elisabeth
Matrona
|
|
|
|
|
7.
|
Fransiska Emilia
|
|
|
|
|
8.
|
Ferdinandus Imu
|
|
|
|
|
9.
|
Emilia Ana
|
|
|
|
|
10.
|
Mariana
|
|
|
|
|
11.
|
Petronela Mona
|
|
|
|
|
12.
|
Fransiskus
Ferdinandus
|
|
|
|
|
13.
|
Mario Nababan
|
|
|
|
|
14.
|
Emilia
|
|
|
|
|
15.
|
Wihelmina Mina
|
|
|
|
|
16.
|
Edoardus Moan P.
|
|
|
|
|
17.
|
Marianus Yohanes
|
|
|
|
|
Keterangan:
·
Nilai maksimal aspek keaktifan: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek pemahaman: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek kerja sama: 20; minimal: 10
2.
Penilaian Hasil Kerja
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian materi dengan Tugas
|
Komentar terhadap Materi
|
Kerapian/
Penampilan
|
Jumlah
|
1
|
Maria Dahami
|
|
|
|
|
2
|
Kristina Aminah
|
|
|
|
|
3
|
Maria Sekar
|
|
|
|
|
4
|
Maria Nona
|
|
|
|
|
5
|
Elisabet Plewan
|
|
|
|
|
6.
|
Elisabeth
Matrona
|
|
|
|
|
7.
|
Fransiska Emilia
|
|
|
|
|
8
|
Ferdinandus Imu
|
|
|
|
|
9
|
Emilia Ana
|
|
|
|
|
10
|
Mariana
|
|
|
|
|
11
|
Petronela Mona
|
|
|
|
|
12
|
Fransiskus
Ferdinandus
|
|
|
|
|
13
|
Mario Nababan
|
|
|
|
|
14
|
Emilia
|
|
|
|
|
15
|
Wihelmina Mina
|
|
|
|
|
16
|
Edoardus Moan P.
|
|
|
|
|
17
|
Marianus Yohanes
|
|
|
|
|
Keterangan
·
Nilai maksimal aspek kesesuaian materi: 40; minimal: 10
·
Nilai
maksimal aspek komentar: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek kerapian/penampilan: 20; minimal: 10
Mengetahui,
Kepala SMPK SANKRLOS HABI
(__HYMO HUBERTUS__)
|
|
…..,………………… 2015
Guru Mapel PKN
SIRILUS
WETO,S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar